Lampu indikator check engine tumbnail google

Lampu Indikator Check Engine Menyala, Ini Penyebab dan Solusinya

Lagi mengemudi tiba-tiba Lampu indikator check engine pada panel instrumen menyala, jangan panik dulu. Ini dia penyebab dan solusi indikator check engine menyala.

Siapa yang tidak panik ketika lagi santai mengemudi tapi tiba-tiba lampu indikator check engine pada panel instrumen menyala?

Langkah yang dilakukan, biasanya pengemudi otomatis akan menepikan mobil ke tempat aman, dan membuka kap mesin sambil bertanya “kenapa ini mobil saya?”.

Padahal belum tentu masalah dari indikator check engine yang menyala ada di balik kap mesin atau sesuatu yang berhubungan dengan mesin mobil Anda.

Kecuali jika memang mobil Anda mesinnya mengalami gejala seperti terus-terusan brebet, atau mesin pincang. Sebaiknya jangan dipaksa, segera panggil derek dan kunjungi bengkel terdekat.

Indikator check engine tidak selalu menginformasikan kerusakan fatal pada mesin atau sistem elektronik mobil. Biasanya lampu indikator check engine muncul saat mobil dalam keadaan stand by, dan akan mati saat mobil dinyalakan.

Namun, jika indikator check engine tetap berkedip saat mobil dinyalakan berarti ada beberapa penyebabnya. Bisa saja karena soket kendor, kemasukan air, kebocoran pada radiator, kabel terputus, sensor rusak, atau bahkan ECU mengalami sedikit kerusakan.

Namun bisa juga disebabkan oleh komponen lain tidak terpasang dengan benar.

Nah, ini dia penyebab dan solusi indikator check engine menyala.

Cara ini hanya untuk mengetahui sensor apa saja yang mengalami masalah atau kerusakan. Jika ditemukan, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk perbaikan atau mengganti sensor yang rusak tersebut.

Jadi, lain kali jika indikator check engine pada panel instrumen menyala jangan panik dulu. Periksa saja dulu bagian-bagian yang tersebut di atas.

Tapi selalu ingat pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lebih baik rajin servis berkala daripada lampu indikator check engine keburu menyala.

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Temukan berbagai mobil pilihan Suzuki yang dirancang khusus dengan presisi melalui teknologi modern dan desain stylish sesuai gaya Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *