Knalpot Bocor tumbnail google

Praktis, Ini Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Hati-Hati Jika Knalpot Mobil Anda Bocor

Knalpot bocor bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran tidak sempurna dan performa mesin menurun, simak cara mengatasi knalpot bocor disini.

Pernah mendengar motor dengan suara bising yang mengganggu? Kemungkinan besar penyebabnya terletak pada bagian knalpot dari motor tersebut yang bocor. Knalpot bocor bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran menjadi tidak sempurna dan performa pada mesin pun menurun.

Nah, untuk mengatasi dan mencegah hal ini, tentu Anda harus mengetahui penyebab dan solusinya jika terlanjur terjadi. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kebocoran Knalpot

Knalpot yang mengalami kebocoran dapat menyebabkan berbagai masalah bagi motor maupun pengendara. Ada banyak penyebab dari permasalahan knalpot yang mengalami kebocoran ini, salah satu yang paling populer adalah knalpot sudah mulai aus.

Selain itu kebocoran ini bisa jadi disebabkan juga oleh usia kendaraan, hingga perawatan kendaraan yang kurang maksimal. Bahkan, kebocoran pada knalpot juga bisa terjadi akibat kesalahan parker maupun karena benturan batu saat kendaraan melaju kencang.

Service knalpot bocor

Cara Mengatasi Knalpot Bocor

  • Memanfaatkan Lem Besi

Cara mengatasi knalpot bocor yang pertama adalah menggunakan lem besi. Lem besi yang multifungsi ini bisa Anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Meski terdengar sederhana, namun menambal knalpot yang bocor dengan lem besi ini dinilai ampuh.

Penggunaan lem besi ini juga cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Anda hanya perlu mengoleskan lem tersebut di bagian permukaan knalpot yang mengalami kebocoran. Untuk pengolesannya, Anda bisa mengoleskan satu atau tiga lapis sekaligus agar lebih rekat.

  • Memakai Bungkus Rokok

Anda bisa memanfaatkan bungkus rokok bekas untuk memperbaiki knalpot yang mengalami kebocoran. Cara alternatif ini memanfaatkan bungkus rokok bagian dalam kemasannya atau biasa disebut dengan istilah grenjeng.

Anda membutuhkan lem untuk merekatkan grenjeng pada bagian knalpot yang bocor. Pilihlah grenjeng yang masih bagus dan tidak rusak, setelah itu tempelkan pada bagian knalpot dengan menggunakan lem.

  • Menggunakan Lem Sealer

Di pasaran, banyak beredar berbagai jenis lem sealer yang bisa Anda gunakan. Namun, untuk menambal knalpot bocor ini tidak bisa menggunakan sembarang lem sealer. Anda perlu memilih lem sealer yang lebih tahan terhadap panas.

  • Menggunakan Seal Tape Aluminium

Anda pasti pernah melihat panci bocor yang ditambal menggunakan semacam selotip aluminium  bukan? Faktanya, seal tape aluminium ini tidak hanya dapat digunakan pada panci saja, namun juga dapat digunakan pada knalpot yang mengalami kebocoran.

Cara penggunaannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pertama, Anda perlu tahu dimana letak titik kebocoran knalpot. Setelah itu, tempelkan seal tape aluminium yang sudah disiapkan pada bagian yang bocor tersebut. Buat beberapa lapis agar lebih rekat dan tidak berlubang,

  • Las Karbit

Cara mengatasi knalpot bocor yang satu ini sangat mudah untuk diterapkan. Tidak hanya mudah, penggunaan las karbit juga dinilai lebih efisien untuk menambal knalpot. Namun, Anda tidak bisa melakukan cara ini di rumah. Anda perlu pergi ke bengkel las terdekat untuk melakukannya.

Perlu diketahui, tempat bengkel las yang harus Anda datangi adalah las karbit, bukan las listrik. Anda hanya tinggal mengatakan kepada karyawan bengkel tersebut bahwa knalpot Anda mengalami kebocoran. Setelah itu, karyawan akan melakukan las karbit pada knalpot tersebut.

  • Menggunakan Lem

Untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada knalpot, Anda membutuhkan bahan yang memiliki daya tahan panas tinggi. Lem tertentu yang dijual dipasaran adalah salah satu produk yang bisa dipilih. Sebagai informasi, daya tahan produk ini mencapai 1100 derajat celcius. Sangat tinggi bukan?.

Disini, Anda hanya perlu mengoleskan produk lem ini pada bagian yang bocor tersebut. Jangan lupa untuk meratakannya dan cobalah untuk mengaktifkan mesin motor Anda. Mesin dan knalpot yang memanas akan menambah daya rekat dari lem tersebut.

  • Mengganti Packing

Bingung karena menambalnya saja tidak cukup efektif? Jika demikian, Anda bisa mengganti paking knalpotnya. Namun, penggantian paking ini perlu dilakukan oleh ahlinya. Sebelum mengganti paking pun Anda perlu berkonsultasi untuk mendapatkan paking pengganti yang tepat.

Ingin yang lebih awet dan kuat? Anda bisa meminta mekanik untuk memasang packing double atau menggunakan paking yang memiliki bahan dasar aluminium. Biasanya, packing dengan bahan dasar asbestos kurang awet dibandingkan dengan yang berbahan aluminium.

  • Menggunakan Aluminium Foil

Aluminium foil umumnya bertempat di dapur dan digunakan dalam proses memasak. Namun, faktanya, aluminium foil memiliki fungsi yang lebih daripada itu. Salah satu fungsi aluminium foil yang sangat berguna adalah untuk menambal knalpot yang bocor.

Namun, penggunaan aluminium foil untuk menambal knalpot ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan seal tape aluminium. Mengapa aluminium foil lebih sulit? Hal ini dikarenakan tidak adanya perekat pada alat yang satu ini.

Selain itu, aluminium foil juga hanya bisa digunakan pada bagian ujung leher knalpot saja. Pada saat penggunaan, Anda harus lebih rapi dan telaten agar proses penambalan bisa merekat dengan baik. Jangan lupa juga untuk melepas knalpotnya terlebih dahulu.

  • Memanfaatkan Aluminium Muffler Tape

Bentuk benda yang satu ini memang mirip dengan seal tape aluminium. Bedanya, perekat satu ini dikhususkan untuk knalpot saja. Karena memiliki bentuk fisik yang mirip, penggunaan aluminium muffler tape ini juga sama saja dengan seal tape aluminium.

Anda hanya perlu merekatkannya pada bagian yang bocor dengan rapi dan teliti. Jika dirasa sudah merekat, nyalakan motor selama 5 sampai 10 menit saja. Jangan lupa untuk memutar tuas gas untuk memastikan apakah kebocoran sudah teratasi atau belum.

Bahaya Jika Knalpot yang Bocor Dibiarkan

Setelah mengetahui cara mengatasinya, Anda tentu dibuat penasaran dengan apa saja yang akan terjadi jika membiarkan knalpot dalam keadaan bocor secara berkepanjangan. Pertama, performa mesin motor Anda akan mengalami penurunan.

Kemungkinan kedua yang akan Anda alami tentunya adalah suara berisik atau bising yang dihasilkan oleh knalpot tersebut. Selanjutnya, mesin akan mengalami kerusakan yang tentunya ini cukup fatal. Keadaan overheat mesin juga sering terjadi jika knalpot dalam keadaan bocor.

Bahaya yang terakhir adalah dapat menyebabkan kesehatan yang terganggu bagi pengendara maupun orang lain. Secara tidak langsung, knalpot yang bocor dapat merusak organ tubuh yang penting dalam diri manusia seperti jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu, kanker juga menjadi salah satu penyakit yang disebabkannya.

Berkaitan dengan perbaikannya sendiri, perlu dipahami bahwa beberapa solusi di atas hanya sekedar tips. Namun, agar hasilnya bisa maksimal maka sangat disarankan untuk melakukan perbaikan langsung di bengkel resmi Suzuki terdekat agar lebih aman.

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Temukan berbagai mobil pilihan Suzuki yang dirancang khusus dengan presisi melalui teknologi modern dan desain stylish sesuai gaya Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *