Oli Mesin Suzuki SBM

Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

Sering terjadi, tiba-tiba oli mesin mobil cepat sekali berkurang, sehingga sering menimbulkan masalah pada kendaraan. 

Penyebab oli berkurang ini cukup beragam. Biasanya, untuk mengetahui penyebab yang pasti, bisa diketahui dari gejala yang bisa dilihat pada mobil.

Oli sendiri memiliki peran penting bagi kendaraan termasuk mobil. Oli berguna untuk menahan gesekan antar komponen mesin mobil agar tidak cepat aus dan rusak.

Dalam pemakaiannya, oli akan mengalami penguapan sekitar 10 % dari volume total. Apabila melebihi itu, maka harus segera dicari penyebabnya.

Faktor Yang Menyebabkan Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Berkurangnya volume oli karena pemakaian, memang wajar. Biasanya, volume oli akan mengalami penguapan sekitar 10% dari volume total saat dilakukan penggantian oli. 

Apabila oli mesin cepat sekali berkurang, mungkin penyebabnya salah satu di hal di bawah ini.

  • Seal Mesin Mengalami Kebocoran

Faktor yang menyebabkan oli mobil bisa cepat berkurang, bisa terjadi akibat adanya kebocoran mesin. Kebocoran mesin ini sebenarnya merupakan kebocoran yang terjadi pada seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin.

Pada semua kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor, menggunakan seal pada bagian sambungan mesin. Karena pemakaian yang cukup lama, seal tersebut akan mengeras, dan bisa berakibat seal mengalami robek.

Akibat rusaknya seal pada bagian sambungan mesin tersebut, maka oli mesin akan cepat sekali mengalami penguapan dan habis.

Hal ini bisa diketahui dengan melihat seal pada bagian sambungan mesin. Apabila terdapat rembesan oli di tempat tersebut, itu artinya seal mengalami kerusakan.

  • Kerusakan Pada Ring Piston

Oli mesin mobil yang cepat sekali berkurang juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada ring piston atau seher. Kerusakan ini  bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi saat mesin mobil dinyalakan.

Keluarnya asap putih pada knalpot terjadi karena oli yang ikut terbakar pada saat terjadi proses pembakaran pada mesin mobil. Oli yang terbakar tersebut akan masuk ke dalam piston, dan akhirnya akan keluar dalam bentuk asap berwarna putih pada knalpot mobil.

Warna asap putih yang keluar dari knalpot mobil bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keparahan kerusakan yang terjadi. Semakin pekat asap putih yang keluar, maka menjadi tanda, bahwa tingkat kerusakan sudah semakin parah. 

  • Kerusakan Pada Ring Seher (Penahan Oli Pada Ruang Pembakaran)

Terkadang, ring seher, yaitu penahan oli pada ruang pembakaran sudah tidak berfungsi lagi dengan baik. Komponen ini tidak dapat menahan oli sehingga oli bisa masuk ke ruang pembakaran, pada saat terjadi proses pembakaran. 

Ketidakmampuan ring seher menahan oli dan menyebabkan oli masuk merembes ke ruang pembakaran tersebut, akan membuat oli cepat sekali mengalami penguapan dan berkurang. Akibat lainnya, akan terjadi keluarnya asap putih dari knalpot pada saat mesin dinyalakan.

Kondisi ring seher yang sudah tidak bisa menahan oli tersebut, akan semakin parah apabila mobil melaju dengan lebih kencang.

Pada saat mobil melaju dengan kencang, maka akan semakin banyak oli yang merembes masuk ke ruang pembakaran, dan semakin cepat pula oli akan berkurang dan habis. 

  • Kualitas Oli Kurang Bagus (Tidak tahan panas, mudah memuai)

Kualitas oli mesin mobil yang kurang bagus, juga menjadi penyebab oli mesin mobil cepat berkurang.

Seperti diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian pada mesin mobil. Kualitas oli mesin ini juga bermacam-macam, ada yang bagus dan ada yang tidak.

Oli dengan kualitas bagus, tidak akan cepat panas ketika digunakan. Dengan demikian, mesin mobil juga tidak akan cepat panas, serta oli juga akan awet dan tidak akan lekas habis atau berkurang.

Sebaliknya, oli dengan kualitas kurang bagus, akan cepat sekali menjadi panas, dan akhirnya akan cepat berkurang.

Kualitas oli yang kurang bagus akan rawan menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan, apabila mobil sering digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. 

Mesin mobil yang bekerja dalam keadaan panas sementara oli yang digunakan tidak tahan terhadap panas menyebabkan oli cepat berkurang.

Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Yang Cepat Berkurang

Mengatasi oli yang cepat berkurang, bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab dari cepat berkurangnya oli mesin tersebut.

Karena penyebab oli yang cepat berkurang ada bermacam-macam, maka cara mengatasinya juga bisa dilakukan dengan beberapa macam cara, seperti  berikut ini.

  • Mengganti Seal Mesin Yang Rusak

Seal mesin rusak, adalah salah satu yang menjadi penyebab oli mesin berkurang dengan lebih cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengganti seal mesin yang rusak tersebut dengan yang baru. 

Seal merupakan bagian yang terdapat pada bagian sambungan mesin. Seal ini berfungsi agar oli tidak mengalami bocor dan masuk ke ruang pembakaran mesin. Apabila seal sudah mengeras dan robek, maka seal tersebut harus diganti dengan yang baru.

  • Mengganti Ring Seher Yang Mengalami Kerusakan

Ring seher berfungsi untuk menahan agar oli tidak masuk ke piston pada saat terjadi proses pembakaran. Seiring lamanya pemakaian, ring seher akan mengalami keadaan dimana alat tersebut tidak bisa menahan oli, sehingga oli bisa masuk ke piston.

Apabila keadaan ini terjadi yang ditandai dengan adanya asap putih yang keluar pada knalpot, sebaiknya segera dilakukan penggantian ring seher tersebut dengan yang baru. 

Karena membiarkan hal tersebut, akan menyebabkan oli cepat berkurang dan bisa berakibat pada kerusakan mesin mobil.

  • Menggunakan Oli Dengan Kualitas Yang Bagus

Menggunakan oli dengan kualitas bagus, bisa menjadi solusi dari kondisi oli mobil cepat berkurang.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, oli yang bagus memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap panas, sehingga tidak akan menyebabkan oli cepat menguap habis.

Dengan menggunakan oli yang memiliki kualitas bagus, secara tidak langsung ikut menjaga agar mesin mobil awet dan tidak cepat rusak.

Oli yang bagus tidak akan lekas panas dan awet, sehingga bisa terus melumasi mesin sehingga mesin tidak cepat aus dan rusak.

  • Sering Melakukan Pengecekan Pada Bagian Mesin Mobil

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan sering melakukan pengecekan pada bagian mesin, serta tidak terlambat melakukan penggantian oli.

Dengan  sering melakukan pengecekan, maka akan segera diketahui apabila terjadi hal-hal yang janggal pada mesin mobil.

Seperti misalnya melakukan pengecekan secara rutin ke bengkel resmi Suzuki. Apabila diketahui ada kerusakan yang terjadi yang menyebabkan oli cepat berkurang, maka segera bisa dilakukan perbaikan atau penggantian, sehingga kerusakan tidak bertambah parah.

Berbagai penyebab dari oli mobil berkurang secara tidak wajar, harus diketahui oleh para pemilik kendaraan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan bisa diketahui secara pasti langkah apa yang harus dilakukan sehingga bisa mengatasinya dengan baik.

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *