Jenis Jenis Kaca Film Mobil dan Kelebihannya

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kaca Film Mobil

Jenis-Jenis Kaca Film – Kaca film mobil merupakan aksesoris yang sangat terlihat dari bodi mobil. Ternyata, selain mempercantik tampilan, bagian ini juga menjadi hal penting untuk kenyamanan dan keamanan pengguna mobil.

Salah satu fungsi yang sangat terasa yakni untuk mengurangi sinar matahari yang masuk. Hal ini membuat pengemudi dan penumpang tidak terganggu karena silau cahaya.

Terdapat berbagai jenis kaca film untuk mobil sesuai dengan fungsinya. Anda perlu memahami jenis-jenis ini, termasuk kelebihan dan kekurangannya, supaya tidak salah dalam memilih jenisnya.

Jika sudah mengetahui jenis-jenisnya, Anda dapat memilih kaca film sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Dengan pilihan yang tepat, fungsi yang dapat Anda rasakan pun dapat maksimal. 

Fungsi Kaca Film Mobil

Sebelum masuk ke jenis-jenisnya, ada baiknya Anda memahami dulu apa saja fungsi dari kaca film. Berikut merupakan fungsi-fungsinya:

  • Pelindung dari Sinar Matahari

Fungsi pertama ini sudah disinggung di awal. Kaca film yang dipasang di mobil, dapat mengurangi cahaya matahari dan cahaya lainnya yang masuk ke dalam mobil.

Berbagai teknologi pun sudah dikembangkan untuk kaca film sehingga dapat mencegah paparan sinar matahari secara maksimal.

Hal ini dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna. Selain itu, kaca film juga dapat memberikan fungsi keamanan, sebab cahaya yang terlalu tajam dapat mengganggu konsentrasi pengemudi.

  • Menjaga Privasi

Banyak orang yang merasa terganggu ketika terlihat oleh orang lain yang berada di luar mobil. Bisa jadi, mereka merasa privasinya jadi terganggu.

Jika Anda juga demikian, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk memakai kaca film mobil yang lebih gelap supaya tidak terlalu terlihat dari luar.

Aspek privasi ini dapat menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih kaca film untuk mobil Anda, supaya perjalanan lebih nyaman.

  • Pelindung dari Benturan

Kaca film yang terpasang pada mobil, dapat melindungi mobil apabila terjadi benturan. Kaca ini telah dilapisi oleh film, sehingga benturan tak membuatnya langsung pecah.

Dengan demikian, jika terjadi benturan, Anda pun dapat mengurangi risiko terkena pecahan kaca.

  • Mengurangi Risiko Kejahatan

Jika mobil Anda dipasangi oleh kaca film, maka orang dari luar tak dapat melihat keadaan di dalam mobil. Hal ini akan mengurangi risiko kejahatan ketika Anda berkendara.

Ketika Anda perlu meninggalkan mobil di tempat umum sekalipun, Anda dapat merasa aman. Fungsi keamanan dapat Anda dapatkan dari pemasangan kaca film.

  • Dapat Menghemat Pemakaian Bahan Bakar

Dengan kaca film mobil, Anda dapat menghemat pemakaian bahan bakar sebanyak 10-20%. Hal itu dikarenakan kaca film dapat menjaga kondisi suhu di dalam mobil.

Selanjutnya, Anda dapat menghemat penggunaan AC dan akan berpengaruh pada penghematan bahan bakar mobil.

  • Fungsi Estetika

jenis_kaca_film_mobil

Sebagai salah satu aksesori, kaca film memiliki fungsi estetika atau sebagai penunjang penampilan mobil Anda. Selain disesuaikan dengan fungsi keamanan dan kenyamanannya, Anda dapat menyesuaikan jenis kaca sesuai dengan tampilan mobil Anda.

Warna kaca yang dipilih dapat dipadukan dengan warna bodi mobil. Hal ini dapat membuat mobil Anda akan terlihat lebih elegan untuk menemani perjalanan Anda.

Jenis Kaca Film Mobil

Setelah mengetahui berbagai fungsinya, Anda dapat membayangkan fungsi apa saja yang Anda butuhkan. Selanjutnya, Anda dapat memilih jenis kaca film sesuai kebutuhan. Berikut merupakan jenis kaca film yang dapat menjadi pilihan Anda.

  • Visible Light Transmittance (VLT)

Jenis pertama, yakni kaca film VLT. Kaca jenis ini dapat meneruskan cahaya dari luar ke dalam mobil. Jika menggunakan kaca ini, situasi dan kondisi di luar mobil dapat Anda lihat dengan jelas dari dalam.

Meski terlihat dari dalam, tenang saja, orang yang berada di luar tidak bisa melihat ke dalam mobil. Hal ini dapat memberikan privasi untuk pengguna mobil.

Namun, untuk Anda yang merasa risih dengan paparan sinar matahari yang menyengat, kaca ini mungkin bukan pilihan yang tepat.

Jika Anda ingin menjaga kulit atau interior mobil dari sinar matahari, mungkin jenis kedua dapat menjadi pilihan Anda.

  • Ultraviolet Rejection (UVR)

Berbeda dengan jenis kaca film mobil sebelumnya, kaca UVR ini dapat membatasi sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil.

Jika Anda risih dengan panas matahari ketika berkendara, kaca ini dapat menjadi pilihan yang bagus. Anda juga dapat mencegah memudarnya bagian dalam mobil Anda, karena paparan sinarnya lebih sedikit.

Terdapat berbagai jenis kaca UVR yang dapat Anda pilih. Jenis tersebut tergantung dari persentase penyaringan cahayanya. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Infrared Reflectance (IRR)

Selanjutnya, yakni kaca film IRR. Kaca ini memiliki kegunaan untuk mencegah sinar inframerah. Sinar inframerah tersebut berasal dari cahaya matahari.

Anda dapat memilih berbagai persentase dari kaca ini. Semakin tinggi Anda memilih persentasenya, maka banyaknya sinar inframerah yang tercegah masuk pun semakin banyak.

  • Solar Energy Rejection (TSER)

Jenis terakhir yang akan dibahas yakni kaca TSER. Sesuai namanya, kaca ini dapat menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam mobil Anda.

Sama seperti jenis sebelumnya, kaca TSER ini juga memiliki tingkat persentase yang bisa Anda pilih.

Tips Memilih Kaca Film

Setelah membaca hingga sini, Anda telah tahu apa saja fungsi dan jenis dari kaca film untuk mobil. Anda mungkin sudah dapat membayangkan kaca film jenis apa yang menjadi pilihan untuk mobil Anda. Selanjutnya, berikut adalah tips dalam memilih kaca film mobil:

  • Pilih yang Memakai Bahan Nano Ceramic

Dibanding bahan lainnya, bahan nano ceramic lebih tinggi tingkat kepekatannya, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mobil Anda.

Selain bahan nano ceramic, ada berbagai jenis bahan lainnya untuk kaca film pada mobil, misalnya bahan nano carbon dan nano metal.

  • Pilih Tingkat Kepekatan sesuai Kebutuhan

Tips berikutnya tentang tingkat kepekatan kaca film mobil. Kaca film untuk setiap bagian mobil, memiliki fungsi yang berbeda.

Kaca bagian depan, Anda bisa memilih kepekatan di angka 20-40%. Hal ini supaya tidak mengganggu Anda ketika mengemudi. Pandangan Anda ke arah depan harus tetap jelas.

Selanjutnya, di bagian samping, bisa Anda pakai kepekatan paling tinggi 40%. Terakhir, bagian belakang. Anda bisa memilih antara 60 hingga 80%, sehingga pantulan cahaya tidak mengganggu pengemudi mobil.

  • Lengkapi dengan Teknologi Tinggi

Berbagai jenis teknologi untuk kaca film dapat Anda pilih. Teknologi ini akan membuat perjalanan semakin nyaman dan aman. Pertama, ada pelindung untuk sinar ultraviolet 400 yang membuat mobil Anda semakin terlindungi. 

Ruang dalam mobil Anda akan lebih sejuk jika kaca film dilengkapi dengan teknologi ini. Penumpang pun semakin terlindungi dari paparan sinar matahari. Kemudian, pilihlah kaca film dengan teknologi night vision

Itu dapat membuat Anda melihat lebih jelas pada malam hari. Privasi untuk pengemudi dan penumpang pun tetap terjaga karena bagian dalam tetap terlihat gelap dari luar.

Teknologi lain yang perlu ada di kaca film untuk mobil Anda yakni Anti Blue Light. Hal ini dapat mereduksi cahaya secara maksimal. Dengan demikian, Anda dapat lebih berkonsentrasi untuk perjalanan Anda.

Sekarang, Anda dapat menentukan pilihan Anda. Jangan lupa untuk selalu merawat seluruh aksesoris mobil Anda supaya tetap tampil baik dan dapat menemani perjalanan dengan fungsi yang maksimal.

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *