Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya Suzuki SBM

Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Matic Nyentak – Saat ini, mobil matic semakin banyak digemari oleh masyarakat, terutama di kota-kota besar. Akan tetapi, mobil matic sekalipun masih bisa mengalami beberapa masalah, salah satunya sensasi nyentak saat perpindahan gigi.

Mobil matic nyentak bisa menjadi perkara yang meresahkan sekaligus mengkhawatirkan karena itu bisa jadi pertanda bahwa ada masalah mekanis pada kendaraan Anda. Apakah saat ini Anda mengalami kekhawatiran yang sama ?

Baca artikel ini untuk menemukan alasan paling umum mengapa mobil Anda tersentak saat berakselerasi. 

Selain itu, pelajari juga beberapa solusi praktis yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah ini di rumah dan kapan harus menghubungi layanan perbaikan profesional.

Seperti Apa Rasanya Mobil Matic Nyentak? 

Saat mobil Anda tersentak, seringkali terasa seperti kesulitan untuk bergerak maju meski Anda menekan pedal akselerator. Berikut adalah beberapa contoh umum ketika mobil tersentak:

  • Mobil menyentak saat berkendara dengan kecepatan konstan. Awalnya mobil terasa bergetar tiba-tiba dan kemudian melompat ke depan saat Anda menginjak pedal gas.
  • Kendaraan menyentak saat berakselerasi. Jika hal ini terjadi, mobil biasanya akan ragu-ragu untuk bergerak saat Anda menginjak pedal gas, disertai dengan gerakan tiba-tiba ke depan atau bergetar seolah-olah mobil Anda sedang kesulitan untuk bergerak.
  • Mobil menyentak saat pengereman, rasanya tiba-tiba tersentak hingga berhenti atau berguncang dengan cepat sebelum direm. Hal ini berisiko menimbulkan kecelakaan terutama jika Anda tidak sempat mengerem tepat waktu.

Apa Saja Penyebab Mobil Matic Nyentak + Solusinya

suzuki swift

Source: https://www.pexels.com/photo/suzuki-swift-dzire-on-the-race-track-20077807/ 

Mobil matic yang menyentak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Meskipun ada beberapa tanda yang mudah diperbaiki seperti mengganti filter udara yang kotor, ada beberapa tanda yang memerlukan perhatian lebih. Berikut ini penjelasannya:

1. Busi Usang atau Rusak

Busi merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sistem pengapian ke ruang bakar. 

Jika komponen ini mengalami “misfire” alias rusak, maka akan mengakibatkan penyaluran tenaga tidak merata dan sensasi tersentak selama akselerasi. 

Apabila Anda membiarkan masalah ini, maka seiring waktu busi akan mengakumulasi endapan karbon dan minyak, sehingga memengaruhi kemampuannya menghasilkan pembakaran yang konsisten. 

Untungnya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengganti busi setiap 48.000 km.

2. Filter Udara Kotor atau Tersumbat

Faktor lain yang menyebabkan mobil matic nyentak adalah kotornya filter udara. Ini adalah salah satu komponen penting pada mobil matic yang bertugas mencegah kotoran dan serpihan udara masuk ke dalam mesin. 

Jika kotor, maka akan menghambat aliran udara ke mesin sehingga mengurangi jumlah oksigen yang harusnya diarahkan ke mesin. Hal ini menyebabkan rasio oksigen terhadap bahan bakar tidak merata di mesin sehingga menyebabkan misfiring

Akibatnya, mobil Anda akan tersentak dan tersendat-sendat, terutama saat berakselerasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membawa kendaraan Anda ke bengkel profesional untuk perawatan rutin, salah satunya mengganti filter udara.

Idealnya, mengganti filter udara dapat dilakukan setiap 20.000 – 25.000 km untuk memastikan asupan udara ke mesin lebih memadai supaya dorongan akselerasi lebih mulus. 

Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan cara mencucinya menggunakan sabun lembut dan air, kemudian biarkan mengering.

3. Injektor Bahan Bakar Tersumbat

Mobil matic tersentak juga bisa disebabkan oleh tersumbatnya injektor bahan bakar akibat kotoran dan debu yang menumpuk. 

Jika tersumbat atau kotor, mesin tidak akan menyemprotkan bahan bakar dengan baik, sehingga menyebabkan akselerasi tidak merata dan mobil pun tersentak. 

Perlu Anda ingat bahwa masalah injektor bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada mesin, sehingga penting untuk segera memeriksanya. 

Untuk mencegah injektor bahan bakar tersumbat, Anda dapat membersihkannya secara rutin dengan pembersih injektor bahan bakar.

Caranya, cukup tuangkan pembersih ke dalam tangki bahan bakar Anda sesuai dengan petunjuk produk. Anda juga dapat berkonsultasi dengan mekanik  untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembersih injektor bahan bakar yang recommended.

4. Sensor Mass Air Flow (MAF) Mengalami Malfungsi

Sensor Mass Air Flow (MAF) dirancang untuk mengukur udara masuk , memberikan data penting untuk injeksi bahan bakar yang tepat. 

Jika sensor MAF tidak berfungsi, dapat menyebabkan mesin salah membaca asupan udara sehingga menyebabkan mobil matic tersentak saat akselerasi. 

Tanda-tanda sensor MAF rusak antara lain efisiensi bahan bakar yang buruk, putaran idle yang kasar, dan penurunan performa mesin. 

Untuk mengatasinya, cukup periksa dan bersihkan sensor secara rutin saat Anda membawa mobil matic Anda ke bengkel untuk perawatan rutin.

5. Masalah Tranmisi

Sistem transmisi yang bermasalah dapat menyebabkan mobil terhuyung-huyung saat berakselerasi, terutama pada mobil matic. 

Masalah ini dapat terjadi jika cairan transmisi sedikit, terkontaminasi, atau mengalami kerusakan internal sehingga mempengaruhi kelancaran perpindahan gigi.

Masalah lain yang dapat menyebabkan mesin Anda tersentak adalah unit kontrol transmisi (TCU) yang tidak berfungsi. 

TCU mengontrol perpindahan gigi mobil Anda saat Anda berakselerasi sehingga kerusakan yang terjadi dapat menyebabkan mobil Anda berpindah gigi secara tidak konsisten atau lambat yang menyebabkan mobil matic nyentak.

Untuk mencegah masalah ini terjadi, sebaiknya periksa cairan transmisi Anda setiap 80.000 – 95.000 km, entah itu mengganti cairan, melakukan servis, atau menggantinya dengan yang baru.

6. Masalah Sensor Posisi Throttle

Sensor posisi throttle mengukur seberapa jauh pedal gas ditekan dan memberi tahu Engine Control Unit (ECU) untuk menyesuaikan campuran bahan bakar dan waktu pengapian.

Kalibrasi atau penggantian sensor posisi throttle diperlukan untuk memastikan komunikasi yang akurat dengan ECU dan akselerasi yang lancar. 

Jika mobil matic tersentak disebabkan karena hal ini, kemungkinan besar Anda tak akan bisa memperbaikinya sendiri. Masalah ini perlu ditangani secara profesional oleh mekanik yang berpengalaman.

Mekanik akan memeriksa komputer onboard mobil untuk mencari kode kesalahan. Kemudian, sensor akan diperiksa apakah ada kerusakan. Barulah mekanik akan membersihkan sensor dan konektornya serta sesuaikan kesejajarannya.

7. Masalah Sistem Pembuangan

Jika sistem pembuangan mobil Anda mengalami masalah seperti catalytic converter yang tersumbat, hal ini dapat menyebabkan mobil matic nyentak. 

Itu karena tersumbatnya catalytic converter dapat menimbulkan tekanan balik yang berdampak pada kinerja mesin dan menyebabkan mobil Anda tersendat-sendat saat berakselerasi. 

Solusinya, Anda dapat memeriksa penyumbatan di rumah dengan memeriksa knalpot apakah ada kerusakan yang terlihat seperti penyok atau karat.

Selain itu, dengarkan juga apakah ada suara berderak atau tidak karena bisa jadi hal tersebut mengindikasikan adanya komponen yang kendor. 

Tanda-tanda lain bahwa catalytic converter Anda mungkin tersumbat adalah tenaga mesin yang berkurang, akselerasi yang lamban, dan emisi gas buang yang lebih tinggi.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membersihkan atau mengganti catalytic converter agar knalpot tetap mengalir dengan baik.

Kesimpulan 

Demikianlah informasi penting terkait penyebab mobil matic nyentak lengkap dengan solusinya. Jika Anda mengalami sentakan pada mobil, jangan tunda-tunda lagi untuk memperbaikinya. 

Anda bisa kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di wilayah Anda dan biarkan ahli mekanik kami yang memeriksa dan memperbaikinya seperti sedia kala.

Penyebab Mobil Matic Nyentak

Situs Resmi Suzuki SBM

Situs Resmi Suzuki Surya Batara Mahkota. Suzuki SBM adalah delaer resmi mobil Suzuki. Dengan dukungan pelayanan purna jual suku cadang serta perbaikan atau pemeliharaan di daerah Nusa Tenggara Timur.

Social Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *